Manfaat Kunyit untuk Balita


Resep tradisional kunyit yang sangat terkenal adalah resep berbagai olahan kunyit untuk perawatan bayi. Resep tradisional tersebut telah ditelaah oleh para ahli farmakologi dan terbukti bahwasanya kunyit memang memiliki manfaat baik untuk bayi. Pemanfaatan kunyit untuk balita tersebut dikembangkan oleh ahli farmakologi berdasarkan kandungan-kandungan zat penting yang terdapat pada kunyit

manfat kunir untuk bayiKunyit sendiri mengandung beragam zat aktif penting yang berpengaruh positif bagi bayi seperti kurkumin, zingiberin, borneol, karvon, minyak atsiri, protein, vitamin C, karbohidrat, pati, zat besi, fosfor, dan kalsium.
Manfaat Kunyit untuk bayi diantaranya adalah:
Zat aktif kurkumin yang terkandung dalam kunyit dapat melemahkan perkembangan bakteri dalam tubuh, sehingga kunyit untuk bayi dapat berperan sebagai antibakteri. Hal ini berguna agar bayi dapat terhindar dari berbagai infeksi penyakit yang disebabkan oleh bakteri.
  • Kurkumin juga dapat mencegah terjadinya dyspepsia (gangguan lambung) dan perut kembung pada bayi.
  • Kandungan senyawa protein dalam kunyit sangat baik untuk perkembangan metabolisme tubuh bayi.
  • Vitamin C pada kunyit dapat mencegah terjadinya radang tenggorokan, bibir kering maupun sariawan pada bayi.
  • Parutan kunyit untuk bayi dapat mengatasi berbagai gangguan kulit pada bayi, seperti bintik-bintik merah yang sering terjadi pada bayi, penyakit cacar, iritasi kulit dan sebagainya.
  • Minyak atsiri pada kunyit dapat berperan sebagai antidiare, karena minyak atsiri tersebut membantu kerja usus dan metabolisme usus.
  • Manfaat kunyit lainnya yaitu kunyit dapat berguna sebagai herbal tonik yang mampu memulihkan kembali kesegaran tubuh bayi setelah sakit.
  • Perasan kunyit dapat mengatasi berbagai penyakit pada bayi sepeti cacingan, hepatitis, batuk, pilek dan demam.
  • Zat besi, fosfor dan kalsium yang terdapat pada kunyit memberi efek positif pada pembentukan tulang bayi.
Manfaat kunyit yang berasal dari resep tradisional tersebut hendaklah dilestarikan untuk meminimalisir penggunaan obat berbahan kimia pada bayi. Karena suplemen herbal memiliki efek samping yang lebih rendah dibandingkan suplemen kimia. Oleh karena itu, beberapa dokter spesialis anak merekomendasikan perawatan bayi dengan cara tradisional yang alami namun tetap sesuai dengan ketentuan medis.
sumber : http://nama-bayi.org/manfaat-kunir-untuk-bayi.html

0 comments:

Post a Comment